Cara mengobati luka bakar
Ilustrasi luka bakar.

Cara Mengobati Luka Bakar –┬áLuka bakar kadang sering dialami banyak orang, baik orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Mereka yang kesehariannya bekerja berhubungan dengan benda panas atau api, terutama ibu-ibu di dapur, sangat berpotensi mengalami luka bakar.

Banyak cara yang disarankan untuk mengobati luka bakar, bergantung pada pengalaman atau pengetahuan masing-masing. Ada yang menggunakan sabun colek, gula madu, dengan cara dioleskan di bagian tubuh yang terbakar, atau langsung dibawa ke dokter.

Beberapa cara yang disebutkan tadi memang lumayan membantu. Namun ada cara mudah untuk mengobati luka bakar, baik luka bakar yang melepuh, luka bakar pada anak, luka bakar knalpot, maupun luka bakar karena las.

Obatnya tidak susah dicari, selalu tersedia di dapur, dan biasa dijadikan bahan pembuat kue oleh ibu-ibu, yaitu terigu. Yah, tepung terigu. Selama ini tidak pernah terlintas di benak kita bahwa ternyata tepung terigu memiliki keajaiban dapat mengatasi luka bakar.

Ada pengalaman seseorang yang dishare ke banyak media sosial, mengalami luka bakar saat memasak jagung. Tangannya tercelup ke dalam air mendidih karena terpeleset ketika menusuk jagung dengan menggunakan garpu.

Kebetulan, saat itu ada temannya seorang veteran tentara Vietnam masuk ke dalam rumah ketika korban sedang menjerit kesakitan. Sang tentara veteran itu menanyakan apakah ada tepung terigu dalam rumah.

Si korban luka bakar pun dengan gerak cepat mengambil sekantung terigu. Veteran itu langsung memasukkan tangan si korban yang terkena air panas ke dalam kantung terigu.

BACA JUGA  Dampak Negatif Kelebihan Minum Kopi

Setelah itu, bapak pensiunan tentara tadi meminta penderita untuk membiarkan tangannya terendam tepung terigu selama 10 menit. Dan dia sambil bercerita bahwa di Vietnam ada orang yang terbakar. Orang-orang pada panik dan tanpa sengaja ada seorang melemparkan sekarung terigu ke tubuh orang itu untuk tujuan memadamkan api di tubuhnya. Ternyata bukan saja apinya padam, tapi tubuh orang itu sama sekali tidak melepuh kena api.

Dan alhasil, setelah tangan yang terkena air mendidih tadi direndam selama 10 menit dalam kantung terigu, kulitnya sama sekali tidak ada yang merah atau melepuh, dan tidak sakit.

Oleh karena itu, bagi Anda atau keluarga Anda biasa dapat musibah luka bakar, sediakan sekantung tepung terigu di lemari es. Masukkan ke dalam kantung terigu setiap bagian tubuh Anda terbakar api atau tersentuh bara api, jangan disiram dengan air. Tepung dingin lebih nyaman rasanya daripada tepung hangat (suhu kamar).

Sekalilagi, simpanlah selalu sekantung tepung terigu di lemari es. Suatu saat Anda akan bersyukur bahwa ada terigu di sana. Ketika misalnya lidah Anda seperti terbakar karena minuman panas, bubuhi tepung terigu dan dibiarkan selama 10 menit. Insya Allah sakitnya hilang dan tidak ada bekas terbakar.

Demikian salah satu cara mengobati luka bakar, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga di rumah. (*)

Komen FB